Rabu, 25 September 2013

Perjanjian Hudaibiyah

1.      Perjanjian hudaibiyah dan kemenangan diplomasi nabi
Selama enam tahun sejak umat islam meninggalkan mekkah , maka selama waktu itu mereka tidak mempunyai kesempatan menunaikan ibadah haji . selain itu, mereka juga sudah lama tidak dapat kembali ke tanah kelahiran mereka di mekkah . namun setelah meraih kemenangan dalam perang khandaq, keinginan umat islam untuk mengunjungi tanah kelahiran mereka semakin kuat. Nabi muhammad saw menyadari keinginan para sahabatnya, lalu beliau memutuskan untuk berkunjung ke mekkah.
 Pada tahun ke-6 h atau 628m , umat islam besama nabi Muhammad saw berangkat menuju mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Pada saat itu adalah bulan dzul qa’da h. dalam tradisi masyarakat araba, bulan tersebut diharamkan untuk melakukan peperangan. Namun tampaknya para pemuka quraisy tidak menhendaki kedatanagan umat islam sekalipun untuk kepentingan menjalankan ibadah haji
Ketika para pemuka kafir quraisy mengetahui keberangkatan rombongan umat islam menuju mekkah, mereka berusaha menghadang iring-iringan umat islam. Ketika umat islam sampai disebuah tempat ber4nama hudaibiyyah sekitar 6 mil dari kota mekkaah, mereka berhenti. Nabi saw utus usman bin affan sebagai wakil untuk menyampaikan keepada kafir quraisy maksud dan tujuan kedatangan kaum muslim yang sebenarnya. Meskipun demikian, para pemuka kafir quraisy tetap pada pendirian mereka, bahwa mereka tidak mengizinkan umat islam memasuki kota mekkah . mereka menegaskan bahwa tahun ini nabi Muhammad dan sahabatnya harus kembali ke madinah . ada kemungkinan tahun depan umat islam baru diperbolehkan memasuki kota mekkah untuk berhaji, namun hanya tiga hari saja.
Sementara itu, tersebar isu bahwa usman bin affan tusan nabi saw dibunuh kaum quraisy. Berita ini menimbulkan cemas dan kemarahan umat islam hadap nabi Muhammad saw umat islam menyatakan ikrar atau bersumpah yang dinamakan bai’atu ridwan. Mereka menyatakan tekadnya untuk berjuang demi kejayaan islam hingga tetes darah penghabisan telah para sahabat menyatakan sumpah tersebut, usman bin affan datang dari mekkah ddengan selamat.
Para pemuka quraisy sangat mencemaskan kesungguhan hati umat islam untuk berjuang dan memasuki kota mekkah tahun itu juga . karena itu, mereka kemudian menyetujui untuk diselenggarakan perjanjian yang dikenal sebagai perjanjian hudaibiyah antara pemuka quraisy dengan nabi Muhammad saw . perundingan menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain :
1.      Kedua belah pihak sepakat mengadakan gencatan senjata selama 10 tahun.
2.      Setiap orang diberi kebebasan bergabung dengan nabi Muhammad atau menjalin janjian dengan Muhammad dan demikian juga setiap orang diberi kebebasan bergabung dengan kelompok quraisy atau menjalin perjanjian dengan mereka.
3.      Siapa yang pergi bergabung dengan Muhammad tanpa alasan yang dapat dibenarkan, harus dicegah dan dikembalikan kepada walinya, tetapi jika pengikut nabi Muhammad hendak bergabung dengan kelompok quraisy , maka ia harap dibenarkan.
4.      Pada tahun ini rombongan Muhammad harus kembali ke madinah . pada tahun berikutnya mereka diizinkan menjalankan ibadah haji dengan syarat bahwa di mekkah tidak lebih dari tiga hari tanpa membawa senjata.

Isi perjanjian hudaibiyah tersebut menunjukkan kepada kita betapa islam agama yang besar dan sekaligus menunjukkan kearifan sikap nabi Muhammad saw. Sungguh pun isi perjanjian itu tampak sekali merugikan umat islam, namun denagn perjanjian ini membuka banyak peluang strategi perjuangan nabi Muhammad saw. Peluang tersebut antara lain:
a.      Bahwa perjanjian tersebut secara tidak langsung mengakui status politik  nabi Muhammad saw sebagai pucuk pimpinan umat islam dan pimpinan negeri madinah.
b.      Bahwa gencatan senjata selama sepuluh tahun merupakan kesempatan yang baik untuk menyebarluaskan agama islam karena nabi saw dan para sahabatnya tidak disibukkan dengan urusan peperangan.
c.       Bahwa kebesaran islam yang ditampilkan melalui kearifan sikap nabi Muhammad saw dalam perjanjian ini, secara tidak langsung telah menarik simpati orang-orang quraisy . sehingga sejumlah mereka kemudian masuk islam tidak lama setelah perjanjian ini, missalnya Khalid bin walid amr bin al-ash.

Setelah perjanjian berlangsung, situasi menjadi aman, tidak ada peperangan. Dalam situasi aman seperti ini, nabi Muhammad  saw. Mengirimkan para dutanya ke Negara-negara tetangga untuk menyerukan kepada mereka tentang ajaran islam. Beberapa penguasa menerima ajakan tersebut, kecuali raja Persia yang mengusir duta islam , bahkan duta islam yang diutus kepada penguasa Kristen di damaskus dibunuh dengan kejam.

2.      Fathul makkah dan dampaknya bagi pengembangan islam
Dalam pasal-pasal perjanjian hudaibiyah, ada salah satu pasal yang berisi sebagai berikut : “barang siapa yang datang kepada Muhammad dari golongan quraisy dengan tidak seizing walinya, ia (Muhammad) berkewajiban mengembalikannya kepada mereka, dan barang siapa yang datang kepada orang quraisy dari golongan pengikut Muhammad tidaklah mereka (quraisy) berkewajiban mengembalikannya kepadanya.”
Pada pasal ini pada lahirnya-dipandang oleh sebagian besar para sahabat nabi Muhammad waktu itu amat merugikan bagi islam dan kaum muslimin, tetapi sesudah pasal itu dipraktikkan oleh kedua belah pihak , ternyata pasal ini merugikan kaum quraisy.
Karena salah satu dari pasal-pasal dalam perjanjian hudaibiyah yang berisi larangan bagi kaum muslimin mekkah melarikan diri ke madinah itu sudah dihapuskan atas permintaan pihak quraisy sendiri, abu jandal dan kawan-kawannya yang tinggal didusun al-ish dapat pindah ke madinah . dengan demikian, sejak itu daerah tersebut dengan aman dan tentram.
Peristiwa tersebut merupakan kemenangan polotik nabi saw dan juga menunjukkan keuntungan besar bagi umat muslim karena pihak kaum quraisy mau tidak mau mengakui kedaulatan islam di madinah yang berada dibawah kekuasaan nabi saw. Selama kaum quraisy melaksanakan pasal-pasal yang tersebut , mereka tidak berani lagi menolak dan menggangu secara terang-terangan terhadap penyiaran islam yang digerakan oleh nabi saw. Mereka menyadari bahwa perjanjian hudaibiyah itu tidak membawa untung sedikitpu bagi mereka, bahkan merugikan . oleh karena itu sesudah peperangan di mut’ah, mereka berusaha dengan sembunyi-sembunyi hendak memukul dan menyerah kaum muslimin . akhirnya kaum quraisy melanggar perjanjian hudaibiyah.
  Ketika waktu yang ditunggu-tunggu tiba, nabi Muhammad mengirim utusan kepada pemuka quraisy dengan membawa misi perdamaian, dengan mengajukan sejumlah usulan . usulan tersebut antara lain :
1.            Orang quraisy mengganti rugi terhadap korban suku khuza’ah atau
2.            Orang quraisy mekkah harus menghentikan persekutuan mereka dengan
bani bakar,
3.            Orang quraisy harus menyatakan pembatalan terhadap perjanjian
hudaibiyah.

Dari ketiga usulan yang disampaikan nabi Muhammad saw ternyata kafir quraisy lebih memilih alternative ketiga, yaitu menyetujui pembatalan perjanjian hudaibiyah yang telah disepakati bersama. Kenyataan ini menunjukkan bahwa tidak ada pilihan bagi nabi saw kecuali mempersiapkan pasukannya untuk melawan pasukan kafir quraisy . untuk itu, nabi saw mengumpulkan pasukan terbesar sepanjang sejarah nabi untuk melakukan penyerangan ke kota mekkah . ketika melihat keseriusan nabi dan pasukannya untuk menyerang kota mekkah , timbul penyesalan di hati abu sofyan karena ia telah menolak perdamaian dengan nabi saw. Dan menyepakati perjanjian hudaibiyah.
Dalam waktu singkat , nabi Muhammad berhasil mengerahkan 10.000 pasukan tempur bergerak menuju mekkah . selama melakukan persiapan, nabi Muhammad saw mencoba merahasiakan kesiapan tersebut, namun berita tersebut tersebar dikalangan quraisy. Berita itu tersebar ketika hatib bi alia bi baltha’ah mengirim surat kepada keluarganya melalui seoirang budak bani muthalib bernama sarah. Surat itu berisi tentang poersiapan nabi dengan 10.000 pasukannya untuk menghadapi pasukan quraisy di mekkah dan membebaskan kota mekkah dari kesewenang-wenangan dan kejahilan masyarakatnya.
Hatib sebenarnya seorang yang tidak diragukan keislamannya alasan inilah yang menyebabkan hatib bin abi baltha’ah dimaafkan nabi Muhammad  dan umat islam. Sebenarnya umat islam tidak dimaksudkan untuk orang-orang kafir quraisy, tapi hanya sekedar untuk menakut-nakuti kaum quraisy.
Untuk masuk ke kota mekkah, nabi membagi pasukannya menjadi empat bagian yaitu utara, selatan, timur dan barat. Sehingga kota mekkah terkepung dari empat penjuru. . hal ini menyebabkan kaum quraisy tidak mampu melawan kekuatan umat islam. 1 januari 630 m kota mekkah dapat dikuasai nabi Muhammad dan umat islam. Strategi nabi Muhammad saw dalam memasuki kota mekkah dengan cara-cara perdamaian, membuat simpati orang-orang quraisy .

Langkah politis dan strategi nabi Muhammad dalam fathu mekkah.
Sebelum memasuki kota mekkah, nabi Muhammad saw memerintahkan kepada poara sahabat dan pasukannya untuk berkemah didekat kota mekkah . hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah poersiapan dalam penaklukan kota mekkah . melihat kenyataan ini, paman nabi bernama abbas bin abdul muthalib datang menemui nabi dan menyatakan keislamannya .
Setelah abu sufyan menyatakan keislamannya nabi saw memberikan kepercayaan kepada abu sufyan untuk menjadi perantara dengan masyarakat quraisy lainnya. Nabi Muhammad memberikan keamanan penuh kepada abu sufyan dan keluarganya .
Kaum quraisypun mengetahui abu sufyan telah masuk islam, akhirnya orang-orang kafir quraisy mengikuti jejak abu sufyan dan menyatakan diri sebagai pengikut nabi Muhammad dan menjadi muslim . abu sufyan kemudian menyampaikan pesan perdamaian yang dibawanya dari nabi saw dan pasukannya ketika umat islam memasuki kota mekkah.
Langkah persiapan yang telah dilakukan nabi saw membuat nabi dan pasukannya tiba di mekah tanpa perlawanan . nabi dan umat islam masuk dengan damai tanpa setetespun darah, itu kemenangan umat islam dalam sejarah. Setelah kota mekkah ditaklukan nabi mengunjungi ka’bah serta melakukan tawaf . setelah itu, baru menghadapi orang-orang yang telah berkumpul didalam masjid . nabi memaafkan semuakesalahan yang pernah mereka lakukan nterhadap diri dan para bsahabatnya. Kemudian barulah nabi Muhammad saw menghancurkan berhala-berhala yang mengelilingi ka’bah kurang lebih 360 berhala dari yang kecil sampai yang besar.
Selesai membersihkan ka’bah dari berhala-berhala pujaan kafir quraisy nabi Muhammad memerintahkan bilal bin rabbah untuk melakukan adzan diatas ka’bah kemudian umat islam melakukan shalat berjamaah bersama nabi Muhammad . pada hari itu tampaklah kemenangan umat islam , karena sejak itu datang berbondong-bondong penduduk mekkah menyatakan keislamannya dihadapan nabi Muhammad saw.

Diantara pembesar quraisy yang masuk islam pada saat itu adalah muawiyah bin abu sufyan, hindun binti uthbah dan muth’ib bin abu lkahab , ummu hanie binti abi thaib dan lain-lain. Selama penaklukan kota mekkah , nabi Muhammad saw tinggal bselama 15 hari dikota ini. Dalam waktu yang sangat singkat itu, beliau tidak saja memberi contoh cara beribadah kepada allah . di samping juga mengatur kenegaran dan pemerintahan.

Jangan Menghardik Anak Yatim


“Saya dan orang yang peduli anak yatim bagaikan dua jari disurga( sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah)” HR.Imam Bukhori
“Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak dan kaum kerabat serta anak-anak yatim dan orang-orang miskin” (Qs. Al-Baqoroh :283)
“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? (1) itulah orang yang menghardik anak yatim (2)” (Qs. Al-Ma’uun : 1-2)
“tidaklah sekali-kali, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim”(Qs Al Fajr : 17)
Begitu cintanya Nabi Muhammad kepada anak-anak yatim . Allah pun mengajarkan agar kita berbuat baik dan menghormati anak yatim sesuai ayat-ayat yang diatas.
Surat diatas menjelaskan bahwa orang-orang yang menghardik anak yatim adalah orang-orang yang mendustakan agamanya. Begitu pentingnya anak yatim  dan seharusnya kita mencintai anak yatim serta memberikan  mereka rezeki yang kita punya.  Persoalan anak yatim adalah persoalan yang sangat besar bahkan setiap orang yang ada dimuka bumi bertanggung jawab untuk menjaga anak yatim . Kita yang merasakan serba kecukupan seharusnya kita menjaga, memberikan kasih sayang kepada mereka jangan kita menghardik mereka. Berilah kasih sayang kepada anak yatim dengan mengusapkan kepalanya dan rasakan beban berat yang dilaluinya karena kematian ayahnya .



Ilmu Kalam

Membuat Karangan Singkat
Tema                           :           Pengalaman saya menjadi orang islam
A.   Judul Wajib             :           Pengalaman saya memahami surat Al-Mulk
a.       Isi                    :           1. Ayat yang menakjubkan
Menurutku ayat yang menakjubkan ada didalam ayat 1 , 3  dan 15 yang berbunyi :
“Maha suci Allah yang ditangan-Nyalah segala kerajaan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu” (Qs Al-Mulk : 1)
Penjelasan ayat ini berarti Allah lah raja dari segala raja, maka semua kekuasaan yang ada dilangit dan dibumi hanya ditangan-Nya.
 “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis . kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang” (Qs Al-Mulk : 3)
Penjelasan ayat ini berarti Allah mempunyai sifat-sifat Maha Pemurah  dan atas kekuasaan-Nyalah Allah dapat menciptakan tujuh langit yang berlapis-lapis.
“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, Maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (Qs Al-Mulk :15)
Ayat ini menjelaskan bahwa segala rezeki hanya dari Allah SWT

2. Ayat yang mengesankan dan mengharukan
Menurutku ayat yang mengesankan dan mengharukan ada di dalam ayat 5 dan 23 yang berbunyi :
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (Qs Al-Mulk : 5)
“Katakanlah : Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati (tetapi) amat sedikit kamu bersyukur”  (Qs Al-Mulk : 23)
Penjelasan ayat ini berarti Allah yang menciptakan tetapi hanya sedikit orang-orang yang bersyukur pada-Nya.
“Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang-orang kafir itu menjadi muram. dan dikatakan (kepada mereka) Inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya.”  (Qs Al-Mulk : 27 )
Ayat ini menjelaskan azab Allah di hari kiamat pada orang-orang yang murka pada-Nya. 

3. Inti Pesan Surat Al-Mulk
Hidup dan mati adalah ujian bagi manusia. Allah menciptakan langit yang berlapis-lapis dan semua ciptaan-Nya mempunyai keseimbangan perintah Allah untuk  memperhatikan isi alam semesta. Azab yang diancamkan kepada orang-orang kafir dan janji Allah kepada orang-orang mu’min . Allah menjadikan bumi sedemikian rupa hingga  mudah bagi manusia untuk mencari rezeki. Peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya mereka yang bersyukur atas nikmat Allah.

4. Pelajaran dan hikmah yang diambil
Jadilah hamba Allah yang selalu bersyukur apapun nikmat yang telah diberikan-Nya atau musibah yang diberikan-Nya . tetaplah berada di jalan Allah . janganlah menginkari nikmat yang Allah telah berikan. Janganlah jadi orang-orang kafir karena kekafiran dekat dengan kemungkaran dan kekafiran dekat dengan neraka. Allah tidak menyukai hamba-nya yang kafir dan Allah akan melimpahkan adzab yang pedih abagi orang-orang kafir. Dan Allah berjanji akan melimpahkan nikmatnya bagi orang-orang yang selalu bdersyukur dan berada dijalan-Nya.
5. Kesimpulan
Surat Al-Mulk menunjukkan bukti-bukti kebesaran Allah dan kekuasaan Allah terdapat di alam semesta dan menganjurkan agar manusia memperhatikannya dengan seksama sehingga mereka beriman kepada-Nya . bilamana manusia itu tetap mengingkari Allah, Allah akan menjatuhkan adzab kepada mereka.
B. Judul Pilihan            :           Pengalaman saya Tahajud
Ketika saya ada masalah saya, selalu menceritakan masalah saya kepada Allah dengan sholat Tahajud. Dimalam hari yang gelap gulita dan semua sudah tertidur dengan lenyap . sayapun bangun dan mencoba untuk beranikan diri untuk berwudhu setelah itu saya sholat, saya merasa jika saya sholat tahajud saya lebih khusyu karena tidak ada gangguan dari siapapun , saya hanya berserah diri saya hanya kepada Allah SWT . ketika saya selesai sholat saya berdoa kepada Allah dan mencurahkan kegelisahan hati saya, dan saya khusyu sekali dalam berdoa dan minta ampunan atas kesalahan saya, dan saya merasakan Allah begitu dekat dengan saya lebih dekat daripada denyut nadi saya, Allah selalu ada disaat saya bahagia bahkan saya sedihpun Allah selalu ada, saya lebih tenang.  Saya berdoa setelah sholat tahajud dibanding dengan orang lain, saya hanya percaya kepada  Allah, Allah selalu menguji saya dari cobaan-cobaan yang diberikan-Nya  dan Allah yakin saya kuat menjalani cobaan darinya.


Allah bersama orang-orang yang Sabar

“Wahai orang-orang yang beriman . Mohonlah pertolongan dengan sabar dan salat sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar “ (Qs Al-Baqarah :153)
 “Dan sesungguhnya akan kami beri kamu percobaan dengan sesuatu dari ketakutan dan kelaparan dari harta benda dan jiwa-jiwa dan buah buahan dan berilah khabar yang menyukakan kepada orang-orang yang bersabar” (Qs Al-Baqarah : 155)
“(yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata sesungguhnya kita ini dari Allah dan sesungguhnya kepadaNyalah kita semua akan kembali” (Qs Al-Baqarah : 156)
Sabar termasuk perbuatan terpuji. Sudah dijelaskan dari ayat tersebut, bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. Jika kita merasa banyak masalah sesungguhnya Allah hanya menguji kita agar kita menjadi orang-orang yang sabar dan selalu mengingat Allah . Apabila Allah memberikan kita cobaan sesungguhnya Allah tau bahwa hanya kita yang kuat diberi cobaan itu sesuai dengan pepatah yang mengatakan “Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi kemampuan umatnya tersebut” . dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, kita harus banyak bersabar.
“Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menguji agar kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kalian” (Qs. Muhammad : 31)
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (Qs. Azzumar : 10)
Orang-orang bersabar akan mendapat pahala dari Allah, jadi apabila kita diberikan cobaan dari Allah jangan takut dan jangan menghindar . Kita harus melewati masalah  itu dan harus yakin kita dapat menyelesaikan cobaan dari Allah.  Karena bersabar adalah salah satu ketaqwaan kita pada Allah .

Semoga Allah memberi kita kekuatan, kesabaran dan kesanggupan serta memudahkan kita untuk bisa menjadi hamba Allah , kekasih Allah dan khalifahnya yaitu wakil Allah di muka bumi. Dan menjadi hamba Allah yang selalu bersabar . Amin