Rabu, 25 September 2013

Ilmu Kalam

Membuat Karangan Singkat
Tema                           :           Pengalaman saya menjadi orang islam
A.   Judul Wajib             :           Pengalaman saya memahami surat Al-Mulk
a.       Isi                    :           1. Ayat yang menakjubkan
Menurutku ayat yang menakjubkan ada didalam ayat 1 , 3  dan 15 yang berbunyi :
“Maha suci Allah yang ditangan-Nyalah segala kerajaan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu” (Qs Al-Mulk : 1)
Penjelasan ayat ini berarti Allah lah raja dari segala raja, maka semua kekuasaan yang ada dilangit dan dibumi hanya ditangan-Nya.
 “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis . kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang” (Qs Al-Mulk : 3)
Penjelasan ayat ini berarti Allah mempunyai sifat-sifat Maha Pemurah  dan atas kekuasaan-Nyalah Allah dapat menciptakan tujuh langit yang berlapis-lapis.
“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, Maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (Qs Al-Mulk :15)
Ayat ini menjelaskan bahwa segala rezeki hanya dari Allah SWT

2. Ayat yang mengesankan dan mengharukan
Menurutku ayat yang mengesankan dan mengharukan ada di dalam ayat 5 dan 23 yang berbunyi :
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (Qs Al-Mulk : 5)
“Katakanlah : Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati (tetapi) amat sedikit kamu bersyukur”  (Qs Al-Mulk : 23)
Penjelasan ayat ini berarti Allah yang menciptakan tetapi hanya sedikit orang-orang yang bersyukur pada-Nya.
“Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang-orang kafir itu menjadi muram. dan dikatakan (kepada mereka) Inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya.”  (Qs Al-Mulk : 27 )
Ayat ini menjelaskan azab Allah di hari kiamat pada orang-orang yang murka pada-Nya. 

3. Inti Pesan Surat Al-Mulk
Hidup dan mati adalah ujian bagi manusia. Allah menciptakan langit yang berlapis-lapis dan semua ciptaan-Nya mempunyai keseimbangan perintah Allah untuk  memperhatikan isi alam semesta. Azab yang diancamkan kepada orang-orang kafir dan janji Allah kepada orang-orang mu’min . Allah menjadikan bumi sedemikian rupa hingga  mudah bagi manusia untuk mencari rezeki. Peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya mereka yang bersyukur atas nikmat Allah.

4. Pelajaran dan hikmah yang diambil
Jadilah hamba Allah yang selalu bersyukur apapun nikmat yang telah diberikan-Nya atau musibah yang diberikan-Nya . tetaplah berada di jalan Allah . janganlah menginkari nikmat yang Allah telah berikan. Janganlah jadi orang-orang kafir karena kekafiran dekat dengan kemungkaran dan kekafiran dekat dengan neraka. Allah tidak menyukai hamba-nya yang kafir dan Allah akan melimpahkan adzab yang pedih abagi orang-orang kafir. Dan Allah berjanji akan melimpahkan nikmatnya bagi orang-orang yang selalu bdersyukur dan berada dijalan-Nya.
5. Kesimpulan
Surat Al-Mulk menunjukkan bukti-bukti kebesaran Allah dan kekuasaan Allah terdapat di alam semesta dan menganjurkan agar manusia memperhatikannya dengan seksama sehingga mereka beriman kepada-Nya . bilamana manusia itu tetap mengingkari Allah, Allah akan menjatuhkan adzab kepada mereka.
B. Judul Pilihan            :           Pengalaman saya Tahajud
Ketika saya ada masalah saya, selalu menceritakan masalah saya kepada Allah dengan sholat Tahajud. Dimalam hari yang gelap gulita dan semua sudah tertidur dengan lenyap . sayapun bangun dan mencoba untuk beranikan diri untuk berwudhu setelah itu saya sholat, saya merasa jika saya sholat tahajud saya lebih khusyu karena tidak ada gangguan dari siapapun , saya hanya berserah diri saya hanya kepada Allah SWT . ketika saya selesai sholat saya berdoa kepada Allah dan mencurahkan kegelisahan hati saya, dan saya khusyu sekali dalam berdoa dan minta ampunan atas kesalahan saya, dan saya merasakan Allah begitu dekat dengan saya lebih dekat daripada denyut nadi saya, Allah selalu ada disaat saya bahagia bahkan saya sedihpun Allah selalu ada, saya lebih tenang.  Saya berdoa setelah sholat tahajud dibanding dengan orang lain, saya hanya percaya kepada  Allah, Allah selalu menguji saya dari cobaan-cobaan yang diberikan-Nya  dan Allah yakin saya kuat menjalani cobaan darinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar