Rabu, 14 November 2012


DAKWAH  SEBAGAI TUJUAN HIDUP

Nabi Adam as. Adalah manusia pertama yang menjadi manusia atau khalifah di permukaan bumi ini. Para Nabi dan Rasul iitu sengaja diutus untuk membawa misi dari sisi Allah Swt. Yang paling utama, yaitu dengan amar ma’ruf nahi munkar. Misi para Rasul ini nsejalan dengan tujuan utama diciptakannya manusia sebagai khalifah Allah di bumi ini. Oleh karena itu, perbuatan satu ini termasuk perbuatan yang paling mulia disisi Allah Azza wa Jalla.
Tugas menegakkan amar ma’ruf nahi munkar oleh nabi Adam as. Sebagai seorang Rasul pertama, kemudian dilanjutkan oleh sejumlah Nabi dan Rasul setelah beliau. Nabi Nuh as melaksanakan tugas kenabiannya selama sekitar 950tahun. Dan setelah beliau wafat, maka Allah mengutus nabi Hud as yang menunaikan tugas kenabian serta kerasulan beliau-yaitu menegakkan amar ma’ruf nahi munkar dengan baik.
Ketika manusia berada dalam kesesatan yang jauh, maka disaat itulah Allah mengutus Nabi Musa as . Nabi mUsa as. Berusaha mengajak kaumnya ke jalan yang lurus. Nabi Musa as. Menegakkan suci seorang Rasul amar ma’ruf nahi munkar. Nabi Musa as dan Nabi Harun as. Mengajak kaum beliau menuju jalan yang lurus dengan susah payah dan penuh tantangan.
Sikap kecewa akibat intimidasi yang mesti dihadapi oleh para Nabi itu juga yang harus dihadapi da’I yang mengajak umat menuju kejalan yang benar. Siapa saja yang merelakan dirinya untuk mengemban tugas suci ini, hendaknya ia senantiasa menjaga diri untuk tetap istiqamah.
Setiap mukmin harus menegakakan amar ma’ruf nahi munkar seperti yang pernah dilakukan oleh para sahabat dan mereka yang menganggap tugas yang satu ini adalah tugas yang paling mulia. Setiap mukmin hendaknya senantiasa menyandarkan dirinya kepada Allah swt dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar serta memohon perlindungankepada Allah swt untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar ditengah-tengah masyarakat.
Setiap seorang mukmin harus mengorbankan segala apa yang dimilikinya untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Sebab amalan ini membentuk kehidupan tersendiri bagi kualitas dirir seorang mukmin . setiap mukmin harus menjadikan iman dan dakwah sebagai sumber amalan didalam kehidupannya, maka ia menjaga 5perkara : agama, fungsi akal, keturunan harta dan jiwanya.
Daftar Pustaka
Gulen Fatullah, 2011 . Dakhwah Jalan Terbaik dalam Berpikir dan Menyikapi Hidup . Jakarta : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar