Rabu, 14 November 2012

DAKWAH ; CARA TEBAIK MEMBELA AGAMA ALLAH

Agama islam akan senantiasa dipelihara Allah swt sebagai pemilik hingga Hari Kiamat kelak. Sebab, Allah telah berjanji akan menjaga agama ini hingg Hari Penghabisan. Apabila manusia mau memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan Allah, maka Allah pasti akan menepati janji-Nya . Dan hanya Allah satu-satunya Dzat Yang Maha Menepati Janji.
Setiap mukmin harus menjaga agamanya .jika mereka tidak menjaga agamanya maka mereka tidak akan diberi kejayaan oleh Allah. Dengan kata lain, selama umat manusia mau berpegang teguh kepada ajarannya dan mau menyebarkan tugas sucinya secara baik, maka disaat itulah mereka merasakan manisnya keimamnan , manisnya hidup dan manisnya bermasyarakat.
Rasulullah Saw telah membiasakan kepada umat Islam pada masa itu untuk menempuh jalan terbaik, yaitu menegakkan amar ma’ruf nahi munkar sebagai tugas yang paling pokok bagi setiap mukmin. Sahabat menyebar diberbagai belahan dunia untuk menyampaikan agama Islam.
Musha’ib ibn Umair ra. Pernah diutus Rasulullah saw untuk mengajarkan islam di kota Madinah sampai sepertiga dari penduduk mainah untuk memeluk agama Islam, dan mereka berharap sahabat-sahabat dating ke Madinah untuk mengajarkan Islam kepada mereka. Setiap hari para pengajar Islam berpindah-pindah tempat diantara penduduk Madinah.
                Musha’ib ibn Umair ra. Selalu menerangkan agama dengan sikap lemah-lembut dan penuh kesungguhan. Musha’ib ibn Umair ra senantiasa berhenti berjuang sampai ia menghembuskan nafas terakhir sebagai syahid di medan Badar .
Tidak hanya Musha’ib ibn Umair ra bahkan hamper semua dari sahabat mempunyai keberanian yang sama dalam membela agama ini, demikian cara Allah Swt menjaga agama islam sampai pada waktu yang telah dia tentukan sendiri.
Ketika perang salib Shalahuddin memimpin sejumlah pasukan islam untuk membela agama ini mati-matian , sehingga Allah memberinya dan umat islam kemenangan bagi kejayaan Islam melalui kepemimpinannya.
Setiap muslim harus mengenal agamanya lebih dahulu , kemudian mewarnai hidupnya dengan keislaman . tugas memperjuangkan agama ini tidak boleh dipegang oleh suatu kelompok saja dan tidak boleh berhenti sesaatpun untuk menegakkan agama ini, sebab agama ini adalah milik seluruh muslim. Oleh karena itu umat islam harus mempertahankan agamanya sampai titik penghabisan.
Pada masa sekarang ini, kita harus menyebarkan agama islam dan kita harus bangga dengan keislaman kita baik secara individu maupun secara kelompok. Karena hanya dengan cahaya islam manusia akan selamat dari kesesatan.

Daftar Pustaka
Gulen Fatullah, 2011 . Dakhwah Jalan Terbaik dalam Berpikir dan Menyikapi Hidup . Jakarta : Republika

2 komentar: